FAQ (Frequently Asked Question)
Berisi kumpulan dari pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh MEMBER maupun calon MEMBER . Sebelum mengajukan pertanyaan ke Support/Sekretariat, silahkan cek dahulu pertanyaan dan jawaban yang telah terdaftar disini. Semoga sudah dapat menjawab apa yang ingin ditanyakan.
Tentang Transaksi dan Konfirmasi Transaksi
1. Apakah cukup 1 kartu untuk semua operator GSM dan CDMA ?
*Jawab:
Yup, betul sekali. Dan kabar baiknya MEMBER hanya perlu menggunakan nomer HP yang biasa digunakan sehari - hari. Tidak perlu memakai chip khusus, atau ganti nomer untuk melakukan transaksi.
2. Setelah saya melakukan pendaftaran dengan mengirimkan SMS ke SMS Centre, kapan saya akan bisa melakukan transaksi pengisian pulsa ?
*Jawab :
Setelah melakukan pendaftaran via SMS, MEMBER akan mendapatkan konfirmasi balasan otomatis dari server KPI, yang menyatakan pendaftaran telah berhasil. Yang harus dilakukan untuk melakukan transaksi pulsa adalah mengisi account MEMBER dengan sejumlah deposit. Untuk pertama kali minimal 50 ribu. Setelah MEMBER melakukan transfer deposit, segeralah konfirmasikan ke KPI. KPI akan mem-verifikasi ke bank bersangkutan dalam tempo 10-15 menit. Jika Bank telah memberi verifikasi, MEMBER akan menerima SMS bahwa deposit telah ditambahkan ke account MEMBER , dan langsung bisa digunakan untuk transaksi saat itu juga.
3. Berapa biaya SMS yang akan dibebankan kepada saya dalam setiap transaksi isi pulsa ? atau malahan gratis ya ;-)* ?
*Jawab :
KPI tidak akan memotong saldo deposit setiap kali MEMBER SMS ke server untuk request pulsa, atau hanya sekedar cek saldo. Beban biaya SMS yang MEMBER tanggung hanyalah sebatas biaya operator yang dibebankan oleh operator masing - masing. Disarankan untuk mengirim SMS ke centre KPI yang sesuai dengan kartu yang MEMBER gunakan (karena lebih murah, dan cepat). Contohnya apabila MEMBER menggunakan XL Jempol, lebih baik tujukan SMS ke SMS Centre XL, jadi saldo pribadi hanya akan terpotong sebesar biaya SMS ke sesama XL yaitu Rp. 45,-. Lebih baik lagi apabila menggunakan bonus pulsa XLBebas Extra, Mentari dan IM3 (gratis).
4. Mengapa konfirmasi transaksi dari KPI berasal dari nomer lain (tidak sama dengan SMS Centre) ?
*Jawab :
Hal ini dilakukan untuk menjaga kelancaran masuknya SMS dari MEMBER . Jadi 3 nomor SMS Centre tersebut hanya khusus untuk menerima SMS masuk, dan tidak dipakai untuk mengirim untuk menghindari terjadinya kelambatan SMS masuk pada saat sedang mengirim.
5. Benarkah transaksi dapat saya lakukan kapan saja, dan dimana saja ?
*Jawab :
Benar, saat ini transaksi pengisian pulsa untuk semua operator (kecuali Starone) dapat dilakukan 24 jam nonstop. Khusus untuk Starone transaksi hanya bisa dilakukan antara jam 08.00 - 23.00 dan terbatas untuk pengisian pelanggan Jabotabek. Tetapi MEMBER tidak perlu khawatir, karena menurut operator Starone, pada bulan Agustus pengisian pulsa Starone akan bisa dilakukan 24 jam dan bisa untuk pelanggan nasional.
Tentang Deposit & Transfer Deposit
1. Untuk transfer deposit, bagaimana komunitas bisa mengenal transfer yang dilakukan MEMBER ? Sedangkan pada saat konfirmasi transfer hanya mencantumkan *nominal yang ditransfer, PIN, *dan *Bank yang dituju* (*TD.NominalYangdiTransfer.PIN.BankYangDituju**)*. Apakah setelah kita kirim SMS konfirmasi transfer itu ada SMS lanjutannya misalkan menanyakan nomor rekening MEMBER yang dipakai untuk transfer deposit tersebut? Kalau memang ada, mungkin sebaiknya ikut dicantumkan juga. .
*Jawab :
Betul sekali, untuk deposit pertama kali, akan ada pertanyaan mengenai 4 digit belakang nomor rekening yang MEMBER gunakan (Sekretariat akan melakukan konfirmasi). Untuk mempercepat proses verifikasi, MEMBER yang pertama kali deposit dapat pula membantu dengan menyertakan 4 digit terakhir dari nomor rekening yang dipakai untuk transfer. Sehingga formatnya seperti ini : TD.Nominal.Pin.Bank [4DigitTerakhirNoRek]. Hal ini tidak mutlak harus dilakukan, tapi jika dilakukan akan mempercepat proses verifikasi.
Apabila di lain waktu, MEMBER mengirim deposit dengan cara lain (misal setor lewat teller) MEMBER bisa konfirmasi deposit dengan format TD.Nominal.Pin.Bank [Berita]. Contoh : TD.200000.1234.BCA [Saya setor lewat teller dengan nomor validasi xxxx]
2. Bagaimana cara menambah saldo deposit, apa lewat transfer bank lagi ?
*Jawab :
Caranya sama dengan pertama kali deposit, transfer ke bank terlebih dahulu ke nomer rekening yang telah disediakan. Kemudian setelah itu konfirmasikan transfer tersebut dengan mengetik SMS : TD.Nominal.PIN.Bank
Segera setelah menerima konfirmasi, akan dilakukan verifikasi ke bank. Jika memang valid, kredit deposit akan segera ditambahkan sesuai dengan yang jumlah ditransfer. Jika lancar proses ini hanya akan memakan waktu paling lama 15 menit. Tetapi jika ada gangguan pada server Internet Banking, ini akan memakan waktu yang lebih lama. Berdasarkan pengalaman, gangguan akses Internet Banking ini tidak pernah melebihi 12 jam dan nilai transfer akan ditambahkan ke deposit account MEMBER .
3. Apakah saya harus selalu mengirimkan SMS konfirmasi setelah melakukan tiap-tiap transfer deposit ?*
*Jawab :
Tentu saja MEMBER perlu mengirim SMS konfirmasi. KPI hanya akan melakukan pengecekan rekening Bank (melalui Internet Banking) setiap kali menerima konfirmasi transfer deposit.
4. Untuk batas masa penggunaan deposit tersebut bagaimana ?
Jawab :
Deposit yang telah disetorkan MEMBER , tidak akan hangus sekalipun tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Dan MEMBER selalu dapat melakukan transaksi selama deposit mencukupi.
5. Misalnya untuk transfer Rp 100.000 untuk, apakah deposit ini berlaku untuk semua nominal produk dan operator ?
*Jawab :
Ya betul, satu deposit berlaku untuk semua produk. Jadi MEMBER tidak perlu repot untuk deposit di masing - masing operator. Memang komunitas ini dibangun untuk memudahkan para MEMBER nya.
6. Apakah saya bisa menggunakan Internet Banking BCA untuk melakukan deposit ?
*Jawab :
Semua metode transfer bisa digunakan. MEMBER bisa melakukan deposit via kasir, ATM, Internet Banking, bahkan Phone Banking.
7. Apakah ada waktu khusus untuk melakukan deposit ?
*Jawab :
Deposit bisa dilakukan kapan saja. Hanya saja perlu diperhatikan, biasanya verifikasi deposit diatas jam 10 malam akan memakan waktu yang lebih lama. Hal ini terjadi, karena pada waktu tersebut, biasanya beberapa server Internet Banking tidak dapat diakses. Jadi disarankan untuk melakukan deposit antara jam 08.00 - 22.00.
8. Apakah NamaCalonAnggota = Nama di Bank ?
*Jawab :
Tidak, Anggota bebas dalam memakai nama. Meskipun demikian, disarankan untuk menggunakan nama yang sama dengan nama yang terdaftar di bank, untuk mempercepat proses verifikasi deposit MEMBER . Pada saat deposit pertama kali, disarankan (tidak wajib) ikut pula mencantumkan 4 digit terakhir dari nomer rekening yang dipakai untuk transfer. Sehingga formatnya seperti ini : TD.Nominal.Pin.Bank [4DigitTerakhirNoRek].
KPI akan memverifikasi mengenai nomer rekening yang dipakai untuk deposit. Apabila di lain waktu MEMBER mengirim deposit dengan cara lain (misal setor lewat teller) Anggota bisa konfirmasi deposit dengan format TD.Nominal.Pin.Bank [Berita]. Contoh : TD.200000.1234.BCA [Saya setor lewat teller dengan nomor validasi xxxx]
Tentang SMS Centre
1. *SMS Centre* yang dipilih boleh bebas, apa artinya kalau saya pake produk salah satu operator boleh kirim atau memakai *SMS Centre* beda operator?
Jawab :
Ya, Anggota bebas memilih SMS Centre yang dituju. KPI sengaja menyediakan 6 SMS Centre untuk kemudahan dan memberikan pilihan yang lebih ekonomis kepada MEMBER
2. Untuk nomor SMS Centre, apakah setelah kita mendaftarkan ke salah satu SMS Centre, di lain waktu kita bisa merubahnya kapan saja atau harus satu SMS Centre saja yang digunakan ?*
*Jawab :
MEMBER bebas mengirim ke SMS Centre manapun, karena semua terhubung ke server Komunitas Prabayar Indonesia. Tapi seperti uraian pada jawaban pertanyaan sebelumnya (di bag. tentang transaksi), lebih bijaksana apabila MEMBER mengirim SMS ke Centre yang satu operator dengan no. HP yang MEMBER gunakan untuk transaksi (kecuali sedang ada masalah SMS pada operator terkait).
3. No SMS Centre nya dapat darimana, kok bisa cantik sekali ?
*Jawab :
Tentunya dari operator Telkomsel, Indosat dan Excelcomindo. Meskipun demikian ketiga SMS Centre tersebut dapat dipakai untuk pengiriman SMS dari MEMBER pengguna CDMA seperti Flexi, ESIA, Fren, Starone dan lainnya, bahkan dari MEMBER pengguna operator luar negeri. Khusus bagi pengguna operator luar negeri, angka 0 sebelum angka 8 diganti menjadi +62 (contoh: SMS ke SMS Centre 08128000000 menjadi +628128000000). Meskipun demikian, format isi pulsanya tetap sama (jangan menggunakan +62).
Tentang PIN
1. Adakah potensi penyalahgunaan PIN seseorang oleh Anggota lain untuk transfer pulsa ? (apakah selain PIN, akan divalidasi juga dgn No HP-nya sendiri misalnya ?) Misal : Saya kirim SMS untuk isi pulsa ke nomor tertentu, tapi pakai PIN anggota lain (?)
*Jawab :
Sistem komputer KPI mengenali nomer HP dan PIN pasangannya. Jadi sepanjang orang lain (yang mengetahui PIN MEMBER ) tidak memakai nomer HP MEMBER untuk transaksi, tidak akan ada celah untuk penyalahgunaan seperti itu. (Analoginya : Seseorang yang mengetahui PIN kartu ATM orang lain, tetap tidak akan bisa mencuri uang lewat ATM, selama kartu ATM tsb tetap di tangan pemiliknya)
Tentang Komunitas, Produk Komunitas dan Perubahan Harga
1. Saya tertarik dengan nama 'Komunitas Prabayar Indonesia', bisa dijelaskan maksud dari nama tersebut ?
*Jawab :
Seperti telah diterangkan pada halaman awal web ini, bahwasanya komunitas ini terbentuk dari beberapa pemakai kartu prabayar yang ingin mendapatkan pulsa murah. Dengan semakin banyaknya MEMBER yang bergabung, maka komunitas ini akan semakin mendapatkan harga yang lebih murah dari operator. MEMBER KPI sendiri tersebar di seluruh Indonesia dari Aceh sampai Papua.
2. Siapakah pemilik dari Komunitas Prabayar Indonesia - Pulsa Lancar ?
*Jawab :
Komunitas ini dimiliki oleh semua MEMBER Komunitas, untuk kemudahan Anggota dan tidak berorientasi pada bisnis. Komunitas ini memiliki sekretariat yang berlokasi di Jl. Tapas blok D2/40, Pondok Kelapa - Jakarta Timur.
3. Apakah akan ada pemberitahuan jika terjadi perubahan harga komunitas dari masing-masing nominal pulsa ?Jika ada, lewat media apa hal tersebut diinformasikan ?*
*Jawab :
Ya, tentunya KPI selalu memberitahu update harga terbaru. Yang paling utama melalui website ini. Atau jika MEMBER mendaftarkan email pada menu 'Berita Pulsa Lancar' di web ini, KPI akan mengirimkan email, setiap kali ada perubahan harga / produk.
*Jawab :
KPI Pulsa Lancar tidak berorientasi pada profit dan bukan bisnis MLM. KPI bertujuan memudahkan semua pemakai prabayar isi pulsa 24 jam, dimana saja dengan pulsa murah. Bisnis MLM akan membuat harga pulsa melambung, untuk memberikan komisi upline / MEMBER yang berada di level atas. Meskipun demikian, bagi MEMBER komunitas yang ingin memanfaatkan harga murah ini untuk dijual lagi dengan harga pasar dipersilahkan. Jadi ini merupakan peluang bisnis juga bagi MEMBER